Wednesday, July 25, 2012

Audit Internal - Manajemen

By
Ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:
1.    GR Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.
2.    Prof. Dr. SP Siagian, MPA
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hal dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan kegiatan orang lain.
3.    Drs. The Liang Gie
Manajemen adalah proses kegiatan untuk menggerakan sekelompok orang dan mengerahkan segenap fasilitas dalam suatu usaha kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, manajemen adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang (manajer) untuk menggerakkan seseorang/sekelompok orang dengan mengerahkan segenap fasilitas yang ada dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi-fungsi manajemen:

Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah rangkaian kegiatan pemikiran dan penentuan terhadap hal-hal yang perlu dilaksanakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Tugas khususnya adalah melakukan peramalan, penetapan tujuan, penggunaan strategi, pengembangan kebijakan dan penentuan sasaran. Unsur-unsur perencanaan antara lain tujuan, pulitik atau kebijakan, prosedur, budget dan program. Perencanaan yang baik memuat 5W + 2H.

Fungsi perencanaan sebagai suatu proses kegiatan banyak dilakukan secara virtual, dalam arti mengolah segala sesuatu dalam pikiran dengan melihat gambaran yang timbul atau kata lainnya “kegiatan intelektual” yang membutuhkan 4 tingkat kemampuan:
a.    Insight
Menghimpun fakta dengan jalan melakukan penyelidikan setempat.
b.    Forsight
Kemampuan untuk memproyektir jalan atau cara-cara yang akan ditempuh.
c.    Studi eksploratif
Kemampuan melihat segala sesuatu dalam keseluruhan sehingga akan memperoleh gambaran secara global.
d.    Doorsight
Kemampuan untuk mengetahui segala cara yang menyamarkan pandangan.

Unsur-unsur perencanaan antara lain:
  • Tujuan 
  • Kebijakan
  • Prosedur
  • Budget
  • Program                                                                                             

Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian mencakup semua aktivitas manajerial yang menghasilkan struktur tugas dan hubungan otoritas. Tugas khususnya antara lain spesialiasi kerja, departementalisasi dan pendelegasian otoritas/wewenang.

Pemotivasian (Motivating)
Pemotivasian dapat diartikan sebagai proses mempengaruhi orang untuk meraih tujuan-tujuan tertentu. Fungsi spesifiknya antara lain mencakup kepemimpinan, komunikasi, semangat kerja, kepuasan kerja dan pemenuhan kebutuhan. Komunikasi yang kiranya merupakan kata terpenting dalam manajemen adalah satu komponen pokok dalam motivasi.

Penempatan staff (Staffing)
Fungsi staffing ini disebut juga manajemen personalia atau manajemen sumber daya manusia. Aktivitas penempatan staff ini mulai dari perekrutan, penyeleksian, pengembangan, pemeliharaan, penggajian hingga masalah evaluasi bagi para pegawai. Dalam proses penempatan staff ini harus menganut asas “the right man in the right place”.

Pengendalian (Controlling)
Pengendalian mengacu pada semua aktivitas manajerial yang diarahkan untuk memastikan bahwa hasil-hasil aktualnya sejalan dengan yang direncanakan. Area pentingnya mencakup pengendalian kualitas, pengendalian keuangan, pengendalian penjualan, imbalan, sanksi, dan pengendalian persediaan.

Artikel Terkait:
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment