Tuesday, July 17, 2012

Dasar dan Tujuan Desain Produk

By
Untuk menetapkan produk apa yang nanti akan dihasilkan didahului dengan penelitian, baik penelitian pasar, penelitian produk pesaing, dan penelitian tentang keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu, dalam desain produk tidak pernah lepas dari aspek komersial   dan pemasaran.

Dalam desain produk, dipentingkan kemampuan bersaing di pasar, sehingga  produsen dapat  menentukan harga produk, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi. Sebuah strategi produk yang efektif adalah menghubungkan keputusan produk dengan investasi, pangsa pasar, dan siklus hidup produk, dan menggambarkan luasnya suatu lini produk.

Tujuan dari suatu keputusan produk (product decision) adalah untuk mengembangkan sebuah strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing. Strategi produk dapat memfokuskan diri pada pengembangan keunggulan bersaing melalui pembedaan, biaya rendah, respons cepat, atau perpaduan dari ketiganya. 

Dasar untuk desain produk adalah:
1.    Mode
Produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan konsumen. Keadaan pasar akan menumbuhkan keinginan untuk rnembuat produk yang memiliki kesamaan dari segi desain dan kemasan.

2.    Teknologi
Pemilihan macam produk yang dihasilkan tergantung pada kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa. Penentuan macam teknologi yang digunakan dapat didahului hasil riset dan pengembangan produk. Perkembangan teknologi  memungkinkan para produsen memilih untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi spesifikasi produk.

Tujuan diadakannya perencanaan produk adalah agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan pemakainya.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment