Saturday, December 29, 2012

Peran Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional dan/atau Sebaliknya

By
Peranan Pendidikan dalam Pembangunan Nasional
Peran pendidikan dalam pembangunan nasional antara lain:
1. Mengembangkan teknologi
Hasil pendidikan adalah orang terdidik yang mempunyai kemampuan melaksanakan penelitian dan pengembangan yang dapat menghasilkan teknologi baru.

2. Menjadi tenaga produktif dalam bidang konstruksi
Orang-orang terdidik hasil pendidikan bisa masuk dan aktif bekerja di bidang konstruksi bangunan baik pabrik maupun perusahaan. Dimana dari pabrik dan perusahaan inilah akan dihasilkan berbagai kebutuhan hidup.

3. Menjadi tenaga produktif yang menghasilkan barang dan jasa
Orang-orang terdidik hasil pendidikan juga memiliki keterampilan untuk menghasilkan barang dan jasa. Mereka bisa menjadi karyawan di sebuah pabrik atau perusahaan dan mengandalkan skill mereka masing-masing.

4. Pelaku generasi dan penciptaan budaya
Orang-orang terdidik hasil pendidikan menjadi pelaku yang memahami betul generasi yang dijalaninya untuk kemudian diperbaiki sesuai perkembangan zaman, dengan tetap mendasarkan pada budaya lama yang dimilikinya.

5. Konsumen barang dan jasa
Menjadi generasi yang mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan dengan jenis keperluan yang bervariasi dan lebih banyak. Mereka lebih kritis dalam menggunakan barang dan jasa, apabila dibandingkan dengan orang yang kurang terdidik.

Peranan pendidikan dalam pembangunan nasional dapat dilihat dalam gambar di bawah ini:


Sumber: Redja Mudyaharjo (2010).
Gambar Peranan Pendidikan dalam Pembangunan Nasional

Peranan Pembangunan Nasional dalam Pendidikan
Pembangunan nasional merupakan lingkungan proksimal dari pembangunan pendidikan nasional. Sebagai lingkungan proksimal, pembangunan nasional mempunyai peran:
  1. Payung pembangunan pendidikan nasional, yang berfungsi menjadi salah satu pembatas lingkungan Pembangunan Pendidikan Nasional dan tolak ukur kontribusi keberhasilan Pembangunan Pendidikan nasional terhadap Pembangunan Nasional. 
  2. Sumber yang memberikan masukan pada pembangunan pendidikan nasional berupa hasil-hasil dari pembangunan sektor lainnya yang berupa informasi, energi atau tenaga dan bahan-bahan.
Sumber: 
Redja Mudyahardjo. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment