Monday, February 4, 2013

Sumber Belajar

By
Sumber belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menfasilitasi kegiatan belajar. Association of Educational Communication and Technology (AECT, 1977) mengklasifikasikan sumber belajar ini menjadi dua, yaitu: resources by design (sumber belajar yang dirancang) dan resources by utilization (sumber belajar yang dimanfaatkan).

Sumber belajar yang dirancang maksudnya sumber belajar itu sengaja direncanakan untuk keperluan pembelajaran, misalnya: buku paket, modul, Lembar Kerja Siswa (LKS). Sumber belajar yang dimanfaatkan yaitu segala sesuatu yang sudah tergelar di sekitar kita, dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Contoh: bank, pengadilan, pasar, museum, kebun binatang, lingkungan , semuanya itu tidak dirancang untuk pembelajaran, karena memang sudah tersedia, tinggal dimanfaatkan.

Dewasa ini orang membedakan antara alat peraga dengan media, namun banyak pula yang menggunakan kedua istilah ini silih berganti untuk menunjuk kepada suatu alat atau benda yang sama. Sebetulnya perbedaan antara keduanya hanyalah pada fungsi, bukan pada substansi maupun bendanya itu sendiri.

Sesuatu disebut sebagai alat peraga bila fungsinya hanya sebagai alat bantu belaka, dan disebut media bila merupakan bagian integral dari seluruh kegiatan pembelajaran, serta ada pembagian tanggung jawab antara guru di suatu pihak dan media di lain pihak.

Contoh:
Dalam suatu pembelajaran Ekonomi dengan materi perbedaan pasar tradisional dengan pasar modern, suatu saat mungkin tidak perlu ada guru untuk memberi contoh, pebelajar dapat diminta memperhatikan video sebagai media pembelajaran. Video tersebut dapat berupa video keadaan pasar modern (supermarket, hypermarket, dsb.) dan video keadaan pasar tradisional. Guru hanya perlu membantu siswa dalam menyebutkan perbedaan apa saja yang terdapat dalam dua video yang ditampilkan sebelumnya.

Pada suatu saat, suatu alat misalnya OHP dapat dikatakan sebagai alat peraga kalau seorang pengajar akan menunjukkan perbedaan antara berbagai jenis projector, namun pada saat lain OHP dapat berfungsi sebagai media bila telah diletakkan transparansi yang berisi pesan atau informasi yang akan disampaikan.

OHP Sebagai Alat Peraga
OHP Sebagai Media Pembelajaran













Sumber:
Sri Anitah. 2011. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment