Wednesday, January 2, 2013

Keterkaitan antara Bakat, Minat dan Motivasi Terhadap Proses dan Hasil Belajar Mapel Ekonomi

By
Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Minat menurut Tidjan dalam (http://belajarpsikologi.com) adalah gejala psikologis yang menunjukan pemusatan perhatian terhadap suatu obyek sebab ada perasaan senang.

Motivasi adalah suatu daya pendorong (driving force) yang menyebabkan orang berbuat sesuatu atau yang diperbuat karena takut akan sesuatu (Sedarmayanti dalam http://rimaru.web.id).

Berdasarkan pengertian di atas, baik bakat, minat dan motivasi merupakan fungsi psikologis seseorang. Sehingga keterkaitan antara bakat, minat dan motivasi terhadap proses dan hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi adalah: Bakat, minat dan motivasi merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi proses dan hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Semakin tinggi bakat, minat dan motivasi dalam belajar Mata Pelajaran Ekonomi maka akan semakin baik pula proses dan hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi tersebut.

Contoh:
Bakat
Seorang siswa yang mempunyai kemampuan unggul (bakat) dalam ekonometri akan mendukung proses pembelajaran ekonomi dan hasil belajarnyapun akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang lemah di ekonometri.

Minat
Siswa yang merasa senang belajar ekonomi (mempunyai minat) akan lebih mempunyai semangat dalam belajar ekonomi dan akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang tidak senag (tidak mempunyai minat) belajar ekonomi.

Motivasi
Siswa yang mempunyai minat belajar ekonomi akan mempunyai dorongan (motivasi) yang kuat dalam belajar ekonomi. Berbeda dengan siswa yang tidak mempunyai motivasi untuk belajar ekonomi. Siswa yang tidak termotivasi akan merasa malas untuk belajar ekonomi dan hasil belajar yang didapat lebih rendah dari siswa yang mempunyai motivasi belajar ekonomi.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment