Sunday, January 20, 2013

Saluran Pemasaran

By
Peran mendasar dari fungsi distribusi suatu perusahaan adalah untuk memastikan bahwa produk yang tepat tersedia pada saat yang tepat. Ini menyiratkan adanya pengorganisasian sumber daya ke dalam saluran pemasaran melalui produk bergerak ke konsumen. Saluran pemasaran adalah rute yang diambil pada saat memindahkan suatu produk atau jasa dari sumber pasokan awal ke konsumen terakhirnya. Adalah penting untuk memperhatikan baik rute pertukaran maupun rute pergerakan fisik produk–kedua rute tersebut dapat berbeda sama sekali.

Beberapa perusahaan menggunakan saluran pemasaran (marketing channels) jamak untuk mencapai konsumennya, bahkan sering melibatkan satu atau lebih perantara. Peran suatu perantara (intermediaries) adalah untuk memungkinkan perusahaan melayani seluas mungkin pasar pada tingkat biaya yang lebih rendah. Sebagian perantara ada yang menimbun dan persediaan dengan demikian ikut menanggung resiko keuangan bersama dengan produsen (atau pemasok). Tampilan 1 menggambarkan bahwa penggunaan perantara memberikan manfaat bagi produsen, walaupun tentunya ada biaya yang tidak sedikit yang harus dikeluarkan, tetapi yang paling penting adalah bahwa ada kontrol yang hilang jika menggunakan strategi saluran distribusi dengan menggunakan perantara.

Kadangkala terjadi konflik yang cukup terasa antara sasaran pemasok dan sasaran dari para distributornya, yang menyebabkan terjadinya konflik dan kecurigaan dalam hubungan mereka. Namun demikian, pemasok harus mengevaluasi biaya dan manfaat dari setiap saluran pemasaran yang tersedia yang dapat digunakan, dan memutuskan kombinasi mana yang paling tepat dengan jenis usaha dan pasar yang mereka layani. Alternatif yang diberikan dalam Tampilan 2 masing-masing memiliki tingkat biaya-laba yang berbeda.


Pengukuran biaya-manfaat harus dilakukan dalam pengertian yang seluas mungkin. Pengukuran tersebut harus memasukkan pertanyaan sehubungan dengan strategi pasar, kecocokan saluran yang digunakan terhadap produk yang dijual, apa yang diinginkan oleh konsumen, dan pertanyaan tentang biaya perbandingan antara penjualan dan distribusi.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment